Jumat, 26 April 2013

arti penting manajemen

Arti Penting Manajemen
 Manajemen dapat diartikan sebagai suatu ilmu seni yang mengajarkan bagaimana melakukan sesuatu (how to do) secara terencana (planning),teroganisir (organization),teraktualisasi (actuating ) dan terkontrol (controlling) sehingga mampu mencapai tujuan (goal) yang telah ditentukan dengan maksimal.
            Mengapa manajemen di pandang penting dalam suatu organisasi?Bukan penting, akan tetapi sangat penting .Manajemen merupakan dasar fundamental atas aksi – aksi atau langkah – langkah yang akan dilakukan dan menetukan keberhasilan gerakan suatu organisasi di masa yang akan datang .
            Ada banyak alasan mengapa manajemen menjadi sangat penting keberadaanya dan ”kudu “ ada atau wajib hukumnya.Secara komprehensif,alasan mengapa manajemn sangat penting dalam organisasi yakni dengan merujuk pada fungsi manajemen secara umum atau universal.
            Pertama,manajemen sebagai fungsi perencanaan (palinning) meupakan kegiatan awal bagaimana organisasi menentukan tujuan yang hedak di capai pada masa yang akan datang serta pemilihan langkah – langkah yang efisien,efketif,dan kompetetif.Pertanyaan yang akan membantu proses perencanaan adalah apa ?mengapa?siapa?kapan?bagaimana? dan dimana ?
            Kedua,manajemen sebagai fungsi organisasi.Organisasi merupakan sekumpulan individu yang saling berhubungan yang terbagi dalam tugas tugas,hak – hak,kwajiban – kewajiban yang telah ditentukan untuk mencapai suatu tujuan bersama.Organisai menjadi wadah pemersatu berbagai factor dan unsur yang dibutuhkan dalam organisasi.
            Ketiga,manajemen sebagai fungsi actuating merupakan kegitan aksi perwujudan suatu organisasi.Akatulisasi disini meliputi kegiatan staffing ,pembagian kerja,personalia dan sebagainya yang berhubungan dengan profesionalisme berdasarkan pada kemampun SDM ,kebutuhan teknik karakteristik kerja yang mangacu pada efisiensi,efektifitas dan kompetetif..Memerlukan banyak formula ,data ,serta informasi yang efektif,tepat waktu dan relevan.
            Keempat ,manajemn sebagai fungsi pengawasan atau kontrol merupakan kegiatan pengukuran atas kinerja yang telah dilakuan terhadap standar kerja untuk selanjutnya dilakuan langkah – langkah evaluasi dan koreksi bila diperlukan .
            Demikian sekilas alasan mengapa manajemn menjadi sangat penting keberadaanya dalam suatu organisasi secara umum dengan merujuk pada fungsi manajemen.Semoga bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar